Skip to content

Banyak Jalan Ke Lembang

2007 June 17
Posted by Puri Bernadi

Bukan ke Roma saja yang banyak jalannya (ehm), tetapi juga ke Lembang banyak jalannya.

Kalau dari Jakarta mau ke Lembang, tentunya bisa lewat Bandung. Ada tiga cara mencapai Bandung, melalui jalan tradisionil Jakarta-Bogor-Puncak-Cianjur-Bandung, lewat tol Jagorawi, masuk Bandung dari arah barat, terus ke Jl. Pajajaran melewati Lapangan terbang Hussein Sastranegara, belok ke Jl. Sukajadi lurus saja sampai ke ujung Jl. Setiabudi (arah ke Lembang).

Jalan kedua adalah melalui jalan Tol super cepat yaitu Tol Jakarta Cikampek, belok ke tol Cipularang, keluar di pintu Tol Pasteur. Dari sini bisa menempuh dua jalan, satu dari pintu tol lurus saja melalui Jl. Junjunan sampai ketemu jembatan flypass ke Dago, tetapi jangan naik jembatan, ambil jalan sebelah kiri dibawah jembatan, belok ke Jl. Sukajadi, lurus saja sampai Jl. Setiabudi. Cara kedua untuk menghindari kemacetan di Jl. Sukajadi, begitu lewat pintu tol Pasteur, keluar kekiri, belok kekanan masuk ke Jl. Surya Sumantri, lurus saja, lalu berputar ke arah Mal Setra Sari, masuk jalan samping mal, terus Jl. Sindang Sirna sampai keujung Jl. Setiabudi. Dari Jl. Setiabudi bisa lurus saja sampai pintu gerbang kota Lembang, atau belok kiri ke Jl. Sersan Bajuri di terminal Ledeng, terus sampai Cihideung, belok ke Jl. Kol. Masturi masuk Lembang.

Dari Bandung sebenarnya ada jalan ke Lembang langsung, melalui Dago. belok ke arah perumahan Bukit Dago, menyusuri jalan alternatip sampai ke pertigaan Maribaya, dekat Lembang, dari Dago hanya perlu 10 menit sampai ke Lembang, tanpa perlu macet-macetan di Ledeng.

Apabila ingin langsung ke Lembang tanpa masuk kota Bandung, bisa dengan ambil jalan dari tol arah Pasteur, keluar ke Cimahi, melalui kota Cimahi ada jalan tembus ke Jl. Kol Masturi, melewati kompleks perumahan Istana Bunga.

Cara ketiga ke kota Bandung bisa lewat Purwakarta-Subang-Padalarang-Bandung. Melalui pertigaan Cikampek dari tol Jakarta-Cikampek, atau lewat Cipularang keluar di Sadang, terus ke Purwakarta dan Padalarang, masu Bandung melalui tol dalam kota Padaleunyi, keluar pintu tol Pasteur. 

Jadi intinya ialah, lihat-lihat dari mana arah anda datang, antisipasi kemacetan yang mungkin ada, lebih-lebih pada musim liburan, pilih jalan yang terdekat atau terlancar untuk sampai di Lembang.

Selamat berlibur.

 

 

 

3 Responses
  1. Jannie permalink
    June 19, 2007

    Banyak jalan ke Lembang……15 tahun yang lalu saya tinggal di Lembang dan bulan depan akan berlibur di sana lagi. Terima kasih atas cerita yang menarik di sini! ibu Yani dari Belanda.

  2. June 20, 2007

    Terima kasih Jannie, kepada ibu Yani selamat datang kembali ke Lembang.
    Dalam 15 tahun ada beberapa perubahan di Lembang, tapi tidak banyak. Hotel Panorama Panghegar sudah berubah nama menjadi Hotel Panorama Lembang, lapangan golf diseberangnya sudah menjadi kompleks perumahan (Puri Bernadi terletak disitu). Pintu masuk Tangkuban Perahu pindah kesebelah bawah jadi lebih dekat ke kawahnya. yang jelas makin banyak restaurant.
    Welkom !!

  3. January 25, 2008

    wah saya sebagai orang yg besar diLembang baru tahu. ini informatif sekali

Comments are closed.